Pilkadalembata's Blog
Jangan Malu Bicara Kalau Mau Jadi Pemimpin

Pembukaan Kampanye Pilkada Lembata 2011

LEWOLEBA, POS-KUPANG.Com — Paket SINAR (Anthanasius Amuntoda-Bernadus Boli Hipir) dalam visinya dan misinya ingin mewujudkan masyarakat Lembata yang berkualitas, mandiri, berbudaya dan berkeadilan.

Untuk kepentingan itu, Paket SINAR menetapkan empat agenda yang menjadi program unggulan untuk dilaksanakan. Empat agenda itu, yakni Pertama, meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas pelayanan dasar.

Kedua, mengembangkan kapasitas pemerintah daerah dan kelembagaan masyarakat,

Ketiga, mewujudkan kemandirian ekonomi daerah dan mewujudkan ketahanan budaya lokal. Terakhir menciptakan keadilan hukum dan sosial bagi seluruh masyarakat kabupaten setempat

Paket Lembata Baru (Eliaser Yentji Sunur-Viktor Mado Watun) dengan visi, Mewujudkan Lembata yang Mandiri dan Produktif Berbasis Potensi dalam Perspektif Tata Ruang dengan mengusung tiga pilar perubahan, yakni Lembata baru yang bersih, Lembata Baru yang Produktif dan Lembata Baru yang Mandiri.

Paket LiRik KusPlus (Bediona Philipus-Frederikus Wahon)  dengan visi terwujudnya masyarakat Lembata yang mandiri, sejahtera, demokratis dan mampu menjamin kelestarian lingkungan hidup dengan menitikberatkan pembangunan.

Prioritasnya pada pemberdayaan ekonomi rakyat, pembangunan sarana jalan, jembatan, irigasi, puskesmas, gedung sekolah, pasar, rumah ibadah, sarana air bersih, penerangan sampai  ke desa, balai pelatihan dan kantor.

Selain itu, optimalisasi pendidikan wajar sembilan tahun, pelayanan kesehatan, alokasi anggaran yang lebih banyak ke desa/kelurahan pemberantasan KKN dan pengembangan potensi wisata. Paket ini berjanji akan menetapkan hanya ada satu pasar di Lewoleba, Masalah Tambang dan HIV/AIDS di Lembata.

Paket AYO (Andreas Nula Liliweri-Yosep Meran Lagaor) terkenal dengan Buku Desek Matan (budaya, hukum, desa, ekonomi, masyarakat, petani dan nelayan).  Paket ini  mencanangkan program 100 hari pertama untuk mereformasi birokrasi.

Paket TITEN (Herman Loli Wutun-Viktus Murin) dengan visi, Masyarakat Lembata yang Sejahtera Lahir dan Batin dengan Tujuh Program Strategis.

Tujuh program Strategis itu, yakni membina mental spiritual masyarakat, meningkatkan pembangunan infrastruktur, meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan mutu pendidikan masyarakat, pemeliharaan kesehatan masyarakat, khususnya sanitasi dasar, mengembangkan pariwisata dan mengembangkan Lembata sebagai kabupaten koperasi.

Paket ini berjanji dalam 100 hari pertama kepemimpinannya akan melakukan rapat kerja dengan para kepala desa dan lurah untuk mengetahui apa kebutuhan masyarakat yang sebenarnya.

Paket JONSON (Yohanes Lake-Simon G. Krova)  dengan Visi; Menuju Lembata yang Bermartabat, Mandiri, Sejahterah, Adil dan Demokratis.

Paket ini mengusung empat strategi yakni, berkelanjutan, peningkatan, percepatan dan pemberdayaan masyarakat. Paket ini menyinggung dua mega proyek di Kabupaten Lembata yakni Jobber dan Desalinasi air di Ile Ape yang tidak bermamfaat bagi masyarakat.  (poskupang)

No Responses to “Pembukaan Kampanye Pilkada Lembata 2011”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: