Pilkadalembata's Blog
Jangan Malu Bicara Kalau Mau Jadi Pemimpin

Lembata Butuh Perubahan Paradigma

Jakarta, NTT Online – Untuk mewujukan kesejahteraan masyarakat Lembata, perlu ada perubahan paradigma pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Lembata dari paradigma elite base yang dipakai selama ini ke paradigma people base.

Hal ini disampaikan calon bupati yang diusung Koalisi pondok perubahan Bediona Philipus, SH, MA  pada Jumad, 18/2/2011 silam. Bediona yang saat itu sedang berada di Kupang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat pendafatran menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Lembata menjelaskan, paradigma tersebut dibutuhkan untuk mempercepat pembagunan di Kabupaten Lembata lima tahun kedepan. karena itu sebagai pasangan  muda ia bersama pasangan calon wakil bupati, Fredrikus Wilhelmus Wahon, A.Ma, bertekad bekerja lebih keras dengan semangat juang dan idealisme yang mereka miliki.

“Koalisi Pondok Perubahan, hadir apa adanya. kami tidak mau menunjukan apa yang tidak kami punyai. kami orang muda hanya punya semangat, kepercayaan dan idealisme untuk bekerja lebih keras lagi guna mendorong perubahan yang nyata di Kabupaten Lembata” ujarnya.

Bediona mengatakan kondisi lembata sejak sepuluh tahun ini masih dalam kondisi yang memprihatinkan karena cara pandang pemerintahan dan pembangunan yang masih keliru tentang makna otonomi.

“Sepanjang sepuluh tahun ini kita masih melihat otonomi dari sudut pandang yang keliru, yakini elite base, atau otonomi yang masih berorientasi pada kepentingan elit. ketika kita masih dengan paradigma otonomi elit base seperti ini, rakyat selalu menjadi bagian yang terpinggirkan dan bahkan terlupakan sama sekali. karena itu dengan semangat perubahan yang diusung Koalisi Pondok Perubahan, kami mau mengubah paradigma berpikir kita dari elite base menjadi people base. dimana semua politik anggaran harus berporos pada rakyat. masyarakat lembata lebih banyak ada dan menetap di desa-desa. untuk itu semua anggaran harus lebih banyak mengalir ke desa dengan meningkatkan alokasi dana desa (ADD)” Urai Bediona.

Selain itu, Bediona mengatakan jika Lirik KusPlus dipercayakan memimpin lembata dalam lima tahun mendatang, proses pembangunan di Lembata akan lebih diarahkan pada pendekatan pemberdayaan. proses pendampingan dan fasilitasi yang kuat dan berkelanjutan di tingkat desa dan kecamatan.

untuk itu pola pendekatan yang selama ini dilakukan dengan sistem contraktor base juga harus diubah kepada sistem community base. Dimana kegiatan proyek yang berorientasi langsung pada masyarakat dengan sistem pemberdayaan.

Sementara itu calon wakil bupati dari koalisi pondok perubahan Fredrikus Wilhelmus Wahon, A.Ma, melalui telepon yang dihubungi melalui telepon genggamnya Jumad, 18/2/2011 mengatakan, kehadiran Paket Lirik KusPlus dalam Pemilu Kada Lembata, bukan ambisi dan napsu akan kekuasaan. tetapi karena keduanya yang selama ini di percayakan rakyat untuk menjadi wakil rakyat di gedung Peten Ina merasa letih dengan perubahan yang berjalan lambat dan sulit memberikan kontrol yang kuat karena kekuatan dan kuasa eksekutif tidak mampu dibendung.

Untuk itu, Paket Lirik KusPlus akan melakukan sesuatu yang baik untuk rakyat dengan kekuatan bersama dari apa yang dimiliki rakyat serta mengembalikan sistem pemerintahan dan spirit otonomi pada rel yang sebenarnya. Selain itu Fredy mengatakan, Pemilu Kada Lembata kali ini akan menjadi ujian dan sekaligus menjadi ajang pembuktian bagi duet pasangan mereka apakah kekuatan jejaring sosial yang dibangun sejak beberapa tahun terakhir ini akan keluar sebagai pemenang atau kekuatan kapitalis yang baru mulai kerja dalam kurun waktu satu dua bulan terakhir akan memenangkan partarungan ini, ujarnya mengakhiri. (Yogi Making)

No Responses to “Lembata Butuh Perubahan Paradigma”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: