Pilkadalembata's Blog
Jangan Malu Bicara Kalau Mau Jadi Pemimpin

Golkar PDIP Klaim Menang di Lembata

KUPANG, Timex – Tahapan pencoblosan dalam Pemilukada Kabupaten Lembata yang digelar Kamis (19/5) kemarin berlangsung aman dan lancar. Dua partai terbesar yakni Partai Golkar dan PDIP saling klaim pasangan yang diusung unggul dalam perolehan suara sementara.
Berdasarkan hasil perhitungan suara sementara dari beberapa TPS serta informasi dari sejumlah PPK, pasangan calon Herman Wutun-Viktus Murin unggul sementara. Pasangan yang diusung Partai Golkar ini meraup 15.674 suara atau 27 persen suara. Menyusul pasangan Elyaser Sunur-Victor Mado Watun meraih 13.232 suara atau 22 persen suara.

Sementara empat pasangan calon lainnya masih jauh tertinggal. Informasi yang disampaikan Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi NTT, Nikson Messakh, malam tadi menyebutkan, hingga pukul 22.00 Wita, total suara yang masuk sebanyak 57.595 suara. Dengan demikian, suara yang tersisa masih 20 ribuan suara.

“Melihat dua paket teratas ini maka kalau tidak ada loncatan yang berarti maka paket Titen yang diusung Golkar akan keluar sebagai pemenang Pemilukada Lembata. Ini mengindikasikan bahwa rakyat telah menaruh kepercayaan dan harapan pada figur yang menjadi kebutuhan rakyat lima tahun ke depan lewat pimpinan yang telah teruji melalui pengalaman memimpin sektor yang bersentuhan dengan derajat kehidupan rakyat,” kata Nikson.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP NTT, Nelson Matara yang dikonfirmasi Timor Express, mengatakan pasangan yang diusung PDIP untuk sementara unggul atas lima pasangan lainnya. Namun, proses perhitungan masih sementara dilakukan KPU Kabupaten Lembata. Oleh karena itu, Nelson meminta masyarakat agar tetap menunggu rilis perolehan suara dari KPU Lembata.

“Kita (PDIP, Red) unggul sementara dari pasangan Golkar. Tapi kita tunggu saja proses resminya (perhitungan KPU, Red),” tandasnya. Nelson juga mengaku belum mendapatkan data resmi perolehan suara. Namun, menurutnya, informasi dari tim sukses paket Lembata Baru bahwa pasangan ini untuk sementara berada di urutan pertama perolehan suara.

Terkait proses pencoblosan di Lembata kemarin, juru bicara KPU Provinsi NTT, Djidon de Haan yang dikonfirmasi, menjelaskan, proses pencoblosan berlangsung aman dan tertib. Tidak ada hambatan sepanjang proses pencoblosan berlangsung. Terkait banyaknya pemilih yang tidak mencoblos, Djidon mengatakan, hingga saat ini belum ada rekapan, sehingga belum diketahui pasti persentasenya. “Itu hak pemilih, sehingga bisa menggunakan hak pilihnya, bisa tidak.

Tapi sampai sekarang kita belum tau (jumlah) karena belum rekap,” kata Djidon. Lima pasangan yang mengikuti Pemilukada Lembata yakni pasangan Herman Y. Wutun-Viktus Murin (Titen) diusung Golkar, pasangan Elyaser Y Sunur-Victor Mado Watun (Lembata Baru) diusung PDIP, pasangan Athanasius Aur Amuntoda-Bernadus Boli Hipir (Sinar) diusung PAN dan PPDI, pasangan Bediona Philipus-Frederikus W Wahon (Lirik Kusplus) diusung PKPI, PPRN, PKDI, Barnas, PNBKI, Kedaulatan, Pakar Pangan dan PPIB, pasangan Anderias N. Liliweri-Yoseph Meran (Ayo) diusung Demokrat, PBR dan PKS serta pasangan Yohanes Lake-Simon G. Krova ( Johnson) diusung PKB dan PDK. (sam)

No Responses to “Golkar PDIP Klaim Menang di Lembata”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: